Jumat, 02 Mei 2014

Sejauh Manakah Pemanfaatan Ponsel Dalam Pembelajaran?

ponsel 1

Selamat Pagi Guraru. Insya Allah kita selalu sehat wal afiat. Sebenarnya, sejauh manakah pemanfaatan ponsel dalam pembelajaran? Apakah hanya untuk mencari suatu informasi? Tentu saja tidak. Ponsel dapat digunakan untuk merekam informasi tersebut, sehingga informasi penting dapat dibaca secara offline. Apakah hanya sebatas itukah manfaat ponsel? Ternyata tidak. Ponsel yang sudah banyak beredar di pasaran, bersifat multi fungsi. Sungguh luar biasa; orang mengatakan ponsel cerdas.

Ponsel terkini sudah hampir seperti komputer/laptop dan harganya pun tak terlalu mahal. Buktinya bangsa kita, dari anak-anak SD hingga nenek/kakek juga banyak yang memilikinya dan mampu mengoperasikannya. Namun, mengapa banyak guru yang masih belum memanfaatkan ponsel untuk memperlancar pembelajaran? Ya memang banyak terjadi kasus-kasus yang cenderung tidak mendidik, bahkan mengarah ke hal-hal yang tak semestinya dilakukan oleh para pelajar.
Ponsel sesungguhnya amat bermanfaat untuk melayani bangsa agar mampu mempersiapkan diri menghadapi dunia perkuliahan dan dunia kerja di abad ke 21 ini. Sekarang era cyber; oleh sebab itu pemanfaatan ponsel merupakan salah satu alternatif yang penting untuk dipertimbangkan. Sudah waktunya masyarakat meningkatkan pendidikan putra-putrinya untuk memberikan pengertian dan pengawasan penggunaan ponsel. Kesadaran diri masing-masing individu akan menentukan arah pendidikannya dan keluarganya.
Jika kita cermat, kritis, dan kreatif, Insya Allah ponsel dapat kita dimanfaatkan sebagai media untuk mengefektifkan pembelajaran. Sejauh mana manfaat ponsel sebagai media pembelajaran? Siswa memiliki beragam ponsel. Katakanlah mungkin ada yang jadul (jaman dulu), ada yang lebih canggih, bahkan ada yang amat canggih dengan fitur-fitur modern. Sekarang ponsel cerdas atau ponsel dengan banyak fitur, telah banyak dimiliki oleh siswa. Di setiap kelas, hampir sebagian besar ponselnya tergolong smart (cerdas). Ponsel sederhana pun sekarang dapat di install dengan fitur-fitur yang diinginkan. Kita juga dapat mengarahkan siswa untuk memilih fitur-fitur yang diperlukan dalam pembelajaran. Manfaat ponsel sebagai media pembelajaran diantaranya dapat digunakan sebagai:
  • Alat berhitung (sebagai kalkulator).
  • Penterjemah bahasa.
  • Bimbingan siswa (sms, chat dll untuk informasi penting, tanya jawab, konsultasi, dll)
  • Pengambil gambar, foto, juga perekam video dalam jangka waktu tertentu.
  • Permainan kosa kata dll.
  • Terima/kirim email.
  • Pencarian online tentang materi pembelajaran/e-book, bahkan dapat pula untuk e-learning (pembelajaran online).
  • Membuka/membuat blog, posting artikel, respon artikel dll.
  • Posting tugas guru berupa gambar, foto, maupun teks.
Dari uraian di atas sudah jelaslah bahwa amat sayang jika kita tak segera memanfaatkan ponsel dalam pembelajaran. Mari kita tingkatkan terus layanan siswa dengan menggunakan apapun yang dimiliki siswa, dialami siswa, digunakan dan disenangi oleh siswa sehari-hari. Insya Allah ketika kita menggalakkan pemanfaatan ponsel untuk pembelajaran, mereka menyambut dengan gembira. Hingga para siswa menyatakan sendiri “HP-ku teman hidupku.”

Marilah kita manfaatkan dahulu fitur-fitur ponsel secara optimal. Ketika siap, kita segera meminta siswa untuk memakai ponsel dalam pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah dan di mana saja. Setelah mereka terbiasa, Insya Allah kemandirian dan kedisiplinan akan terus terbina. Apakah ada diantara sahabat yang masih bimbang dan ragu? Mengapa? Apakah kita tak ingin menyesuaikan diri dengan pendidikan abad ke 21 ini? Benarkah hal itu terpikir oleh kita? Tidak mungkinlah. Berikut saya sematkan video tentang pemanfaatan HP sebagai media pembelajaran yang berjudul “Sosialisasi HPku teman belajarku di MGMP Bahasa Indonesia.” Sekian dahulu sepenggal opini dari saya, Insya Allah bermanfaat.

salam mendidik...chaling
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar